Thursday, November 28, 2013

Penilaian Kinerja Pegawai

Pegawai Negeri sipil menjadi sorotan media massa maupun media elektronik, karena di sana sini masih saja ada oknum pegawai yang belum berkualitas, dimanjakan dan oknum-oknum pegawai yang dianggal nakal. untuk membenahi citra pegawai secara individu para pegawai harus mampu instropeksi diri dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja dan kualitas melayani masyarakat. Jawaban atas tuntutan tersebut pemerintah memnjawab dengan PP No. 46 tahun 2011 tentang penilaian prestasi kerja dan untuk merealisaikanya pemerintah akan memberlakukan peraturan tersebut sejak Januari 2014 pada instansi pusat dan daerah.

Pada tahun 2014 Setiap pagawai harus memiliki sasaran kerja berupa target kerja yang merupakan turunan dari tugas pokok dan fungsi dari yg bersangkutan sebagai pegawai,.Seluruh pejabat karir seperti Sekretaris Kementerian, Sekretaris Jenderal, atau Sekretaris Daerah agar menerapkan SKP tersebut. Pasalnya, semua itu sudah masuk dalam PP, sebagai turunan UU No. 43 th. 99 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian. “Jadi wajib dilaksanakan. 

Pegawai yang berkinerja akan muncul dari pemimpin yang baik. “Pemimpin yang baik harus memberi contoh yang baik pula untuk bawahannya. Sekarang ini minim sekali pemimpin yang baik. Komitmen  pimpinan memang sangat penting, apalagi sekaligus memberi contoh dan mengawasi para pegawai. “Tentu saja ini tidak mudah karena birokrasi selama ini ukuran kinerjanya masih kurang jelas. Mudah-mudahan dengan adanya SKP ini kita harapkan bisa memperjelas tugas pokoknya dan target bisa terukur. Kemudian pelan-pelan kita membiasakan para pegawai dengan budaya kinerja melalui sistem yg baru ini. Namun disadari bahwa membiasakan sesuatu yang baru memang tidak mudah. Meningkatkan kinerja untuk PNS memang banyak mengundang sorotan dari berbagai masyarakat. “Jumlahnya banyak tapi tidak memberi pengaruh signifikan pada peningkatan kualitas pelayanan publik untuk masyarakat, kita berharap dengan SKP ini kita bisa mendorong 60% kualitas PNS, dan 40% dari komponen perilaku. sumber disarikan dari website menpan.

FORM SKP PNS
DOWNLOAD



PP No. 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Kinerja Pegawai
DOWNLOAD

 

No comments:

 

blogger templates | Make Money Online