Tuesday, February 16, 2010

Facebook (Penyalahgunaanya)



Kemajuan tegnologi di bidang IT terutama internet membuat lonjakan yang tajam mengenai mobilitas informasi dan tegnologi dalam mendukung eksistensi dunia nyata maupun dunia maya itu sendiri. Jejaring sosial yang belakangan marak diramaikan oleh para penikmat jejairng ini, seolah menjadi euforia dan barometer bagi para remaja sebagai orang yang melek tegnologi atau dikatakan gaptek(gagap teknologi.

Alat diciptakan oleh penemunya digunakan untuk mempermudah aktifitas pekerjaan, termasuk internet dan jejaring sosial yang marak kali ini. Beberapa media televisi menyiarakan bahwa telah terjadi korban akibat penyalah gunaan facebook yang kian naik daun di Indonesia. Beberapa bulan lalu bahkan persidangannya telah selesai. Kita masih ingat kasus Prita yang menyampaikan keluhannya terhadap pelayanan sebuah rumah sakit Internasional, malah ia dituduh mencemarkan nama rumah sakit tersebut, hingga ia harus di kurung meninggalkan keluarganya. Hingga keluar gagasan dan partisipasi seluruh Bangsa Indonesia dengan koin untuk Prita. Sampai akhirnya pihak rumah sakit menarik gugatan perdatanya atas denda tersebut.

Kita juga masih ingat kasus Bibit, Chandra sebagai pimpinan KPK yang di kriminalisasi, hingga dihentikannya kasus tersebut.Para Fecebooker menggalang dukungan terhadap Bibit dan Chandra. Kasus Pencemaran nama baik oleh seorang remaja putri kepada teman facebooknya, karena pesan yang dikirimnya. Luna Maya dengan Twitternya yang menulis kata-kata yang dianggap kurang sopan kepada para wartawan inotaiment.Baru-baru ini ada kasus penghinaan siswa kepada seorang gurunya.Penculikan seoran pemuda terhadap gadis di bawah umur, yang merupakan teman jaringan dalam Facebook. Pemuda tersebut pergi selama beberapa hari tanpa memberi tahu kabar kepada orang tua wanita belia tersebut. Sehingga orang tuanya mengadukan bahwa anaknya telah diarikan oleh pacarnya.

Empat Kasus terakhir semestinya tidak terjadi jika kita mampu menggunakan media ini dengan benar. Semestinya kita menggunakan media ini untuk mencari teman dan bertukar informasi. Hendaknya kita menulis dengan bahasa indonesia yang benar dan dengan kata yang sopan, agar tidak menimbulkan permasalahan yang tidak kita inginkan.

Untuk menghindari hal-hal tersebut ada beberapa hal yang harus kita ketahui:
1. Memiliki motivasi yang baik dalam menggunakan media
2. Memiliki pengetahuan yang benar mengenai TI ini
3. Menggunakan untuk tujuan Positif
4. Mendapat informasi yang benar
5. Hindari konform kepada orang yang tidak dikenal/ dicurigai memiliki niat yang
tidak baik
6. Hindari Chating dengan Orang yang tidak dikenal baik, apa lagi diajak bertemu
tanpa di dampingi oleh teman-teman atau orang tua
7. Jangan mencantumkan no. Phonsel atau email
8. Lakukan pengamanan yang ekstra ketat, seperti yang disyaratkan
9. Menggunakan bahasa indonesia yang benar dan sopan
10.Selalu dalam pengawasan Orang tua (bila masih anak2)
sebenarnya masih banyakk hal lain menurut versi anda. semoga tulisan singkat ini dapat memberi manfaat dan kita terhindar dari kejahatan di dunia Maya dan dunia nyata. Selalu berkomunikasi dengan orang-orang yang kita cintai, Karena internet hanya sebuah alat, jangan sampai menjauhkan kita dari hal-hal yang bermanfaat


Bacaan Terkait

No comments:

 

blogger templates | Make Money Online