Saturday, September 4, 2010

Mudik Representasi Kaum Urban

Urbanisasi membuktikan ketidakmerataan pembangunan dan distribusi hasil-hasil pembangunan di Indonesia. Sebagian besar penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani dan tinggal di pedesaan. Kota merupakan tempat terjadinya produksi dan proses distribusi yang banyak menyerap angkatan kerja, sehingga kota menjadi tujuan utama dari kaum urban. Apapun di kota dapat di olah menjadi uang, sehingga masyarakat yang berada di pinggiran berbondong-bondong menuju kota, untuk mendapatkan penghidupan yang layak, tapi kenyataanya berjejalnya kaum pendatang di kota menyebabkan berbagai permasalahan sosial, gelandangann pengemis, kriminalitas, menurunnya sanitasi dan sebagainya.

Lebaran merupakan moment yang ditunggu oleh kaum urban untuk menunjukkan kesuksesannya di perantauan. Mudik Lebaran sering digunakan oleh mereka yang bekerja di kota untuk unjuk kesuksesan kepada masyarakat di kampung bahwa dirinya, telah sukses bekerja di kota. Mulai dari baju baru dan berganti-ganti,asesories yang menghiasi seluruh tubuhnya (biasanya perempuan) handphone 3G keluaran terbaru atau pun Gadged lainya, tidak lupa kendaraan yang dibawa, Motor baru, atau mobil baru. Semakin mereka dapat menunjukkan indikator itu, mereka dapat di sebut sebagai orang yang sukses yang bekerja merantau di kota.

Bagi kaum elit, Ekonomi sulit bekerja setahun untuk bekal show sukses di hari lebaran. Memang tidak semua seperti cerita di atas, tapi kenyataannya bahwa moment mudik lebaran di gunakan oleh kaum urban untuk menunjukkan apa yang telah ia peroleh setelah bekerja. Konsumen besar-besaran terjadi dalam menyambut hari istimewa tersebut. 

Beberapa hal yang perlu di waspadai bahwa, seusai lebaran, mereka akan pulang kampung dan kembali ke kota dengan membawa membawa sanak saudara mereka untuk bekerja di Kota. Kota akan mendapat tambahan penduduk yang bekerja dengan skill yang terbatas.   

Mudik, agenda tahunan yang dilakukan oleh kaum urban

No comments:

 

blogger templates | Make Money Online